Wednesday, 20 May 2009

Ina Damayanti – Pengusaha Tour & Travel

Sudah cukup banyak orang yang berhasil menjadikan hobi sebagai salah satu kegiatan rekreatif yang profit. Salah satu di antaranya adalah Ina Damayanti, Direktur PT. Fajarayu Erapratama, yang memimpin perusahaan di bidang tour & travel. Kegemarannya travelling, membawanya terjun di bidang tour & travel. Untuk mewujudkan mimpinya, Ina harus mengumpulkan modal terlebih dahulu. Setelah bisnis kontraktor yang dirintis bersama suaminya sejak tahun 1985 mulai berkembang, barulah Ina berani berbisnis di bidang travel.


Di tengah maraknya industri travel agent yang kini banyak bermunculan, Fajarayu Erapratama tetapi eksis dan menjadi salahsatu travel agent yang memiliki kredibilitas tinggi di kota Balikpapan. Banyak perusahaan asing di Balikpapan yang menjadi pelanggan tetapnya. Bagi Fajarayu penjualan tiket penerbangan internasional ini juga memberikan profit lebih banyak dibanding penjualan tiket domestic. “Keuntungan dari penjualan tiket domestic flight itu tipis banget, apalagi kami juga harus bayar cash ke airline,” jelas pelanggan Platinum TELKOMSEL ini.

Saat ini pun sudah banyak travel agent dari Jakarta yang membuka kantor cabang di Balikpapan. Di sisi lain, banyak perusahaan asing di Balikpapan yang pengadaan tender untuk penyediaan tiket international flight dilakukan di kantor pusatnya di Jakarta. “Kami yang berada di daerah harus pintar-pintar mengambil langkah agar tetap eksis,” ujar ibu tiga anak ini.

Ina menyadari bahwa di saat persaingan harga tiket pesawat kian ketat, menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan salah satu cara untuk mempertahankan usaha bisnis tour & travel yang telah dirintisnya sejak 12 tahun lalu. Ia senantiasa berusaha meningkatkan layanan atau servis yang baik pada pelanggan. Caranya antara lain dengan menempatkan satu orang staf untuk standby di airport. Jika sewaktu-waktu ada pelanggan yang mendadak harus terbang untuk urusan bisnis, pelanggan tak perlu repot karena staf Fajarayu siap melakukan pengurusan tiket sesegera mungkin.

“Kalau pelanggan seneng, mereka akan setia jadi pelanggan kami,” ujarnya.

Selain memberikan servis yang baik, menurut Ina kunci keberhasilan membangun bisnis di bidang jasa adalah memperbanyak pertemanan. Pembawaannya yang supel memang membuat Ina mudah berteman dengan siapa saja. Pelanggan-pelanggannya pun diperlakukan bak teman akrab. Tak jarang Ina mengajak pelanggannya untuk jalan-jalan keluar dan makan-makan. “Saat ngumpul jangan suka ngomongin pribadinya orang, jelasnya tentang kiat melanggengkan pertemanan.

Biodata

Nama : Ina Damayanti

Lahir : Balikpapan, 16 Desember 1966

Pendidikan : SMA

Hobi : Travelling & Shopping

Karir : 1985 mendirikan PT. Pantai Mentari – General Contractor & Supplier

1995 mendirikan PT. fajarayu Erapratama – Tour & Travel

No comments:

Post a Comment